apakah kebiasaan meminum kopi mungkin saja bisa menurukan resiko diabetes?


Meminum kopi bisa saja menurukan diabetes

secangkir kopi hangat

Selain nikmat dan enak, minun kopi juga berguna bagi kesehatan. Suatu penelitian kembali mengungkapkan, bahwa kebiasaan minum kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.
Penelitian ini dilakukan dengan mengukur konsumsi kopi kepada 1.300 orang dewasa di Athena. Peneliti ini juga mengambil sampel darah untuk mengukur stress oksidatif serta peradangan.
Sepuluh tahun kemudian, peneliti menindaklanjuti responden tersebut serta ditemukan 13 persen pria dan 12 persen wanita menderita diabetes. Mereka merupakan responden yang tak selalu minum kopi.
Penelitian menunjukkan, orang yang biasa minum kopi, 54 persen lebih kecil risiko terkena penyakit diabetes jenis atau tipe 2, bahkan walaupun ada riwayat keluarga sekalipun. Mereka yang dikatakan biasa meminum kopi, yaitu apabila meminum lebih dari 1,5 cangkir kopi per harinya.
Para peneliti ini percaya, manfaat ini diperoleh sebab biji kopi mengandung antioksidan yang bisa menurunkan peradangan
Dari sampel darah responden penelitian menunjukkan bahwa mereka yang biasa minum kopi lebih rendah mengalami inflamasi alias peradangan.

“Kandungan antioksidan dari kopi mungkin bermanfaat, namun penelitian lebih lanjut tetap diperlukan,” kata pemimpin peneliti Demosthenes B Panagiotakos dari Harokopio University di Athena, Yunani semacam dikutip dari Reuters.
Sebelumnya, penelitian tahun 2012 menemukan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi per harinya, 50 persen lebih rendah risiko terkena diabetes. Alasan lainnya kopi baik untuk kesehatan, yaitu bisa menurunkan stress, bahkan menurunkan risiko diskegunaaan ereksi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "apakah kebiasaan meminum kopi mungkin saja bisa menurukan resiko diabetes?"

Posting Komentar